Jasa pembuatan aplikasi mobile Terbaik – Solusi Mobile Apps 2023

Aplikasi Mobile atau akrab yang disebut dengan Mobile apps adalah sebuah alat yang berada di dalam media gawai kita dan proses operasinya harus melalui perangkat lunak yang berjalan di dalam gawai seperti di Smartphone, tablet, Ipod yang dapat mendukung pengoperasian secara bersamaan dan bisa berjalan lancar di setiap gawai.

Melalui aplikasi mobile konsumen juga dapat menyeraop banyak informasi dengan cepat dan efektif yang terkoneksi dengan jaringan internet. Keunggulan yang di dapat dengan menggunakan aplikasi mobile yang sama – sama kita ketahui adalah kemudahan untuk mengakses informasi dari seluruh belahan duni dan sudah tersedia dalam satu layer gawai. Informasi yang dikumpulkan aplikasi tentu terjadi secara real time dan tentu secara up to date dan dari sumber yang terpercaya.

Pada saat ini pengelola aplikasi mobile mempunyai banyak sumber dan mudah di jangkau oleh calon kosumen. Penyedia aplikasi mobile di antaranya adalah apple.com yang mempunyai Apple Store, lalu adanya Play Store yang dikelola Google

Selain jaringan internet yang stabil, media yang digunakan juga harus memenuhi kapasitas dan juga memungkinkan menjalankan aplikasi mobile. Hal yang perlu diperhatikan adalah beberapa gawai terkadang tidak mampu untuk menjalankan mobile aplikasi dikarenakan adanya kendala seperti, prosesor yang tidak mendukung, memori gawai tidak cukup. Selain itu adanya ketidakmampuan gawai dalam memproses animasi atau gambar karena layar tidak cukup memenuhi kapasitas untuk menampilkan gambar atau animasi yang bagus.

Saat ini mobile apliaski adalah salah penunjang hidup jutaan manusia di bumi. Dengan aplikasi mobile kita bisa berkirim pesan tanpa melalui pos, bisa menonton video tanpa melalui televisi, bisa melihat waktu tanpa harus melihat jam dinding, dan sampai bisa membayar tagihan melalui e-commerce yang tersedia. Karena itu penggunaan aplikasi mobile sangat mampu menutup kekurangan dengan mengganti dengan suatu system yang lebih kompleks dan praktis.

Dikutip dari halaman website  https://financesonline.com/app-usage-statistics/ , dikatakan bahwa pertumbuhanmobile aplikasi di tahun 2020 berkembang sangat pesat pada saat adanya virus COVID-19. Dikarenakan banyak aplikasi mobile yang bisa memenuhi kebutuhan harian konsumen. Banyak aplikasi mobile yang berkembang pada saat COVID-19, mulai dari aplikasi Pendidikan, pekerjaan, hiburan dan social media. Salah satunya pada saat COVID-19 berkembang banyak aplikasi baru yang menawarkan jasa kirim paket karena keterbatasan ruang gerak public.

Disini terdapat beberapa data statistic yang berisikan tentang perkembangan mobile aplikasi pada saat COVID-19, berikut datanya dan penjelasannya :


(sumber : https://financesonline.com/app-usage-statistics/)

Statistic ini berjudul perkembangan aplikasi mobile yang sudah terinstall pada saat pandemic COVID-19 tahun 2020. Di dalam statistic ini menyatakan beberapa poin yang bis akita deksripsikan untuk perkembangan mobile aplikasi di tahun 2020. Berikut adalah penjelasannya :

  • Pada tahun 2020 di Q2 dan Q3 sudah ada 2 milliar mobile aplikasi yang di rilis, diantaranya apllikasi game, Pendidikan, dan hiburan
  • Masing – masing konsumen mempunyai 89 aplikasi yang terunduh di dalam gawainya, tetapi hanya 18 aplikasi yang umumnya rata – rata dipakai oleh konsumen dalam kesehariannya
  • Bagi kaum Milenial, rata-rata ada 67 aplikasi yang terinstal di ponsel mereka, namun hanya 25 aplikasi yang umum digunakan.
  • 25% aplikasi hanya digunakan satu kali setelah instalasi.
  • 71% konsumen yang menggunakan aplikasi berhenti dalam tiga bulan pertama setelah mengunduhnya.

Data selanjutnya adalah peningkatan oenggunaan aplikasi yang di pakai di bulan July 2020. Keadaannya juga pada saat adanya COVID-19. Peningkatan penggunaan aplikasi ini karena gaya hidup konsumen juga berubah pada saat COVID-19. Dengan adanya pembatasan ruang gerak public, menjadi factor awal meningkatnya pemakaian aplikasi dan perkembangan aplikasi.

Selain gaya hidupnya yang berubah, cara bekerjanya pun juga berubah. Pada saat COVID-19 semua pekerja di rumahkan karena peraturan ketat pemerintah Indonesia saat itu.

Untuk data dibawah ini, penjelasannya adalah :

  • Antara tanggal 2 Maret dan 16 Maret 2020, terdapat peningkatan pengunduhan aplikasi kerja jarak jauh sebesar 1,457% di AS. Diikuti oleh aplikasi pendidikan (1.087%), aplikasi pengiriman bahan makanan (322%), dan aplikasi ride-sharing (46%).
  • Namun penelitian serupa menunjukkan hasil berbeda, menyatakan bahwa kategori aplikasi dengan pertumbuhan tertinggi pada tahun 2020 adalah konferensi web (627%), telemedis (613%), dan tanda tangan elektronik (511%).
  • Sementara itu, pada bulan Juli 2020, pengguna melaporkan peningkatan penggunaan aplikasi untuk pendidikan anak (56%), streaming film dan serial (54%), dan streaming video pendek (51%). Pengguna juga melaporkan peningkatan penggunaan media sosial (43%) dan aplikasi perpesanan (42%).
  • Jumlah jam yang dihabiskan untuk aplikasi streaming meningkat sebesar 40%. Puncaknya terjadi pada kuartal kedua tahun 2020 karena wabah COVID-19.
  • Penggunaan TikTok per pengguna mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun sebesar 325%. (Aplikasi Annie, 2021)
  • Waktu yang dihabiskan per pengguna di YouTube meningkat enam kali lipat.
  • Sesi mingguan yang dihabiskan untuk aplikasi makanan dan minuman tumbuh sebesar 105% pada tahun 2020.
  • Pada Q4 tahun 2020, waktu yang dihabiskan untuk aplikasi bisnis meningkat sebesar 275%.
  •  

(sumber : https://financesonline.com/app-usage-statistics/ )

Selanjutnya data yang tidak akan dipungkiri bahwa banyak pengguna yang rela mengeluarkan uang untuk mobile aplikasi. Misalnya aplikasi game Mobile Legend yang banyak sekali memiliki fitur yang menarik dan pengguna cenderung banyak untuk menghabiskan waktu bermain pada saat adanya pandemic COVID 19. Berikut adalah hasil risetnya :

(sumber : https://financesonline.com/app-usage-statistics/ )

Di dalam data tersebut adalah data yang di tahun yang sama pada saat memasuki tahun 2021 yang dimana COVID-19 penyebarannya masih meluas. Dalam data ini dijelaskan bahwa terhentinya kegiatan yang paling utama adalah kegiatan Pendidikan yang dimana biasanya siswa harus pergi ke sekolah untuk belajar tetapi terpaksa harus tinggal di rumah dan harus belajar jarak jauh. Selain itu di data ini disebutkan bahwa banyak juga pengguna yang menghabiskan waktunya untuk menghibur diri dengan menonton layanan streaming yang menawarkan berbagai macam variasi acara TV, seperti Netflix, Disney Channel dan Vidio.

Aplikasi mobile pada saat COVID-19 melanda seperti angin segar untuk pengguna smartphone karena banyaknya sarana dan fasilitas yang tersedia untuk menunjang pekerjaan, hiburan dan Pendidikan.

Berikut adalah penjelasan deskripsi dari data di atas yang dikutip dari halaman web financesonline.com, data ini merupakan data dari tahun 2019 – 2021 pada saat COVID-19 berlangsung.

  • Pengguna ponsel pintar menghabiskan $143 miliar untuk aplikasi, terutama karena meningkatnya migrasi ke perangkat seluler.
  • Pengeluaran global untuk pembelian dalam aplikasi di iOS dan Google Play mencapai $32 miliar pada Q1 tahun 2021 saja.
  • Pada tahun 2020, konsumen menghabiskan $72 miliar untuk aplikasi seluler di App Store dan $39 miliar di Google Play Store.
  • Secara keseluruhan, konsumen menghabiskan $49,6 miliar untuk aplikasi seluler pada Q4 tahun 2020.
  • Sementara itu, rata-rata pengeluaran untuk aplikasi per ponsel cerdas mencapai $10,6 pada kuartal terakhir tahun 2020.
  • Belanja konsumen Amerika pada aplikasi non-game adalah yang tertinggi pada aplikasi berbasis langganan iOS (77%). Sedangkan pangsa pengeluaran untuk jenis aplikasi yang sama untuk Google Play hanya 19%.
  • Aplikasi kesehatan dan kebugaran mengalami pertumbuhan belanja konsumen sebesar 30% dari tahun ke tahun, yang setara dengan $2 miliar.
  • Selama Natal 2020, konsumen AS menghabiskan total $295,6 juta untuk aplikasi game seluler dan $112 juta untuk aplikasi non-game.
  • Menurut proyeksi, pada tahun 2025, konsumen akan menghabiskan hingga $185 miliar untuk aplikasi seluler di App Store dan $85 miliar untuk aplikasi di Google Play Store.
  • Sejalan dengan hal ini, para ahli memperkirakan bahwa aplikasi seluler akan menghasilkan pendapatan lebih dari $935 miliar pada tahun 2023. Pendapatan ini sebagian besar berasal dari unduhan berbayar dan iklan dalam aplikasi.

Mengacu dengan data – data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Mobile sangat membawa dampak yang amat besar terhadap kehidupan manusia. Dengan mobile aplikasi manusia dapat selalu bisa berkreasi, saling berkomunikasi satu sama lain tanpa harus bertemu yang akhirnya bisa memudahkan kehidupan manusia. Oleh karena itu dengan beragamnya Aplikasi Mobile yang beragam juga mempunyai banyak manfaat yang bisa di dapat, yaitu :

  • Membuat orang nyaman karena tidak melanggar privasi

Setiap aplikasi mobile telah dirancang sedemikian rupa agar mengikuti profil penggunanya. Media yang dipakai bisa mendeteksi tentang profil pengguna tersebut. Pembelajaran pengguna di arahkan melalui kesukaan, hobi, perilaku, minat dan target audiens.

Selain itu pengguna juga bisa mengatur keamanan aplikasi tersebut, seperti tidak muncul di pemberitahuan, bisa mengatur waktu pengguna dalam penggunaan aplikasi tersebut.

  • Mempercepat penyampaian informasi

Selain sebagai sarana hiburan dan kreativitas, banyak mobile aplikasi merupakan sarana untuk bertukar pesan, mengirim foto dan gambar dan yang paling akurat adalah melakukan panggilan video dalam waktu yang singkat dengan kualitas gambar yang sudah cukup bagus.

  • Memenuhi kebutuhan invidual maupun kelompok

Penggunaan mobile aplikasi tidak hanya untuk menjadi sara hiburan dan informasi. Penggunaan Mobile aplikasi saat ini juga dapat menunjang kebutuhan harian, kebutuhan kelompok maupun perusahaan sekalipun. Banyaknya mobile aplikasi yang berkembang kea rah aktivitas belanja online yang memberikan kenyamanan berbelanja tanpa harus datang ke took, tetapi bisa melalui smartphone yang kita pakai. Selain itu pembayaran tagihan sehari – hari juga bisa dibayarkan melalui platform belanja online dengan cara yang cepat dan mudah.

  • Menjadi wadah untuk sumber kreatifitas dan bisnis

Aplikasi mobile kini mempunyai banyak ragam pilihan untuk mendukung kegiatan konsumen. Bisa dikatakan media yang disediakan oleh aplikasi mobile sangat beragam. Mulai dari Youtube, TikTok, Instagram dan X yang merupakan platform media social yang tidak hanya menghibur tetapi banyak bisa menjadi inspirasi bagi para perusahaan untuk menargetkan target market baru dan digunakan untuh sebagai bahan riset pasar dan mempelajari tren konsumen dari generasi ke generasi dengan mudah.

  • Pemberitahuan aplikasi bisa di atur oleh pengguna

Ini adalah fitur yang menarik yang hanya dimiliki oleh aplikasi mobile. Karena sebagai pengguna kitab isa mengatur sendiri apakah pemberitahuan adanya pesan baru, email baru, pengingat baru atau update software bisa kita atur dalam satu perangkat. Dengan adanya fitur yang menarik ini di harapkan pengguna bisa menjalankan aktifitasnya tanpa ada gangguan.

Keunggulan mobile aplikasi adalah cakupan yang lebar, dapat diakses di mana saja dan bisa di atur oleh penggunanya. Untuk membuat aplikasi mobile juga harus memperhatikan desain , pengembangan serta pemeliharaan aplikasi guna untuk menjaga aplikasi bisa tetap berjalan dan tetap mendapatkan penilaian yang bagus untuk pengguna.

Sekarang ini banyak developer pembuat aplikasi yang hanya membuat aplikasi tanpa berusaha untuk terus merawat aplikasi tersebut agar tetap berjalan dengan seharusnya. Oleh karena itu https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/ menawarkan layanan pemasaran, pembuatan serta perawatan untuk membantu meningkatkan kinerja aplikasi agar aplikasi tersebut tetap berjalan dengan seharusnya.

Bagi perusahaan memanfaatkan teknologi adalah cara yang paling terbaik untuk membangun hubungan yang dekat dengan calon konsumen. Karena perangkat mobile pengguannnya yang di anggap praktis bagi setiap orang sekaligus untuk menjaga konsumen agar selalu dekat denagn perusahaan.

Berikut adalah beberapa alasan perusahaan memerlukan aplikasi mobile adalah :

  • Agar menonjol dalam persaingan

Saat ini pilihan perusahaan untuk mempunyai aplikasi masih terbilang jarang, karena belum dianggap penting untuk menjangkau target baru dan membangun hubungan dengan calon konsumen. Setiap perusahaan pasti mempunyai keunikan dan nilai tambah di banding perusahaan yang mempunyai bisnis yang sama.

Jadilah perusahan yang membuat bisnis yang sama menjadi tidak relevan. Karena dengan adanya ketidakrelevanan di antara perusahaan – perusahaan yang mempunyai bisnis yang sama menjadikan perusahaan anda mempunyai nilai yang menonjol. Seperti membuat aplikasi mobile yang bisa langsung di akses oleh calon konsumen dimanapun, dan dengan cepat untuk mendapatkan informasi perusahaan anda.

Serta perusahaan yang mengadaptasi teknologi akan dinilai mempunyai pemikiran moderen di banding oleh perusahaan lainnya.

  • Membangun merek yang lebih demokratis

Pemilihan kata demokratis disini diartikan sebagai bagaimana perusahaan bisa membuat calon konsumen dengan adanya mobile aplikasi bisa menjadi bagian dari lingkungan eksternal perusahaan.

Perusahaan tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan loyalitas dari konsumen yang selalu berada di sisi perusahaan. Salah satu manfaat perusahaan mempunyai mobile aplikasi adalah untuk merangkum fasilitas, jasa informasi serta dengan cepat mengatasi keluhan konsumen sehingga konsumen akan percaya dan yakin bahwa perusahaan mempunyai nilai loyalitas, kredibilitas dan bisa di andalkan dalam situasi apapun.

Selain merangkum berbagai layanan barang dan jasa ke konsumen aplikasi mobile perusahaan juga harus di desain dengan baik. Dengan cara mengontak https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/ yang akan menerima permintaan pembuatan mobile aplikasi perusahaan tentunya dengan menjunjung tinggi visi misi perusahaan serta untuk pencapaian keberlanjutan bisnis perusahaan anda kedepannya.

  • Menciptakan Teknik pemasaran yang paling dekat dengan pelanggan

Mempunyai mobile aplikasi yang telah diunduh di dalam gawai pelanggan merupakan salah satu tujuan perusahaan karena dengan mengunduh aplikasi mobile suatu perusahaan dinyatakan bahwa perusahaan anda telah berhasil mempunyai pelanggan yang loyal dan tidak akan memilih perusahaan yang lainnya.

Contoh yang paling dekat adalah apabila anda mempunyai di bidang perbankan, maka pelanggan akan mengunduh aplikasi perusahaan agar tidak usah melakukan transaksi di mesin ATM terdekat. Layanan perbankan juga mempunyai banyak afiliasi dengan took – took online seperti Tokopedia, Shopee, blibli, dan e-commerce lainnya.

Dengan mengambil contoh perusahaan perbankan maka perusahaan lainnya dengan bisnis yang berbeda juga perlu untuk mengadaptasi teknologi mobile aplikasi agar daya jangkau perusahaan lebih luas dan lebih dekat dengan konsumen.

Ada banyak hal yang perlu perusahaan pertimbangkan pada saat membuat aplikasi mobile perusahaan. Aplikasi mobile perusahaan dirancang untuk mempermudah konsumen, mitra dan perusahaan itu sendiri untuk mobilitas perusahaan.

Singkatnya dengam mempunyai mobile aplikasi perusahaan selain dapat mengembangkan sayap bisnis, juga sebagai sarana untuk membangun brand awareness dengan konsumen.

Selain itu perusahaan perlu mengetahui kebutuhannya akan aplikasi mobile yang akan dirancang,  yang karena nantinya sebuah aplikasi mobile akan terus mengalami pengembangan – pengembangan yang berlanjut. Hal itu harus diketahui oleh perusahaan dalam membuat aplikasi mobile yang bisa di konsultasikan dengan cara mengontak link https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/ yang akan memberikan perusahaan pelayanan terbaik dan pengalaman dalam membuat aplikasi mobile.

Sebelum lebih jauh dalam pembuatan aplikasi mobile perusahaan perlu mengetahui ada Langkah yang dinamakan ‘Proses Software Development’ yang dimana proses tersebut  adalah suatu struktur yang diterapkan pada pengembangan suatu produk perangkat lunak yang bertujuan untuk mengembangkan sistem dan memberikan panduan yang bertujuan untuk menyukseskan proyek pengembangan sistem melalui tahap demi tahap.

Berikut adalah penjelasan tentang Proses Software development yang wajib perusahaan ketahui, sebelum mengontak vendor pembuat mobile aplikasi, diantaranya yaitu :

  • Analisis : tahap ini adalah perusahaan dan vendor https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/ melakukan pertemuan untuk membuat rancangan aplikasi mobile apa yang perusahaan butuhkan. Pertemuan ini akan berdiskusi tentang beberapa hal diantaranya : erencanaan alokasi sumber daya, biaya, estimasi waktu pengerjaan, kebutuhan tim, dan lain-lain.
  • Desain : setelah melakukan tahap analisis perusahaan akan dihadapkan dengan tahapan desain aplikasi yang mempunyai banyak alur dan pertimbangan yang teliti dari pihak perusahaan dan vendor vendor https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/.

Proses desain berkaitan dengan keyword, navigasi dan algoritnma yang akan diciptakan di lingkungan aplikasi mobile guna untuk membuat tampilan aplikasi menjadi layak dilihat oleh calon konsumen.

Dalam tahap desain terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan perusahaan yaitu :

  1. Architecture : pada tahapan ini tim vendor https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/ akan memberikan berbagai pilihan Bahasa pemrogram yang tersia untuk membuat aplikasi mobile
  2. User interface : pada tahap ini tim vendor https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/ akan mengadaptasi user interface atau tampilan aplikasi mobile dengan berbagai warna tergantung kebutuhan perusahaan anda dan tampilan kedepannya guna untuk pengembangan aplikasi mobile
  3. Platform : Platform disini adalah tempat yang tepat untuk menjalankan aplikasi mobile perusahaan anda. tim vendor https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/ mempunyai berbagai platform untuk menjalankan aplikasi mobile anda seperti di Android, Linux dan sejenisnya
  4. Security : penentuan yang tidak kalah penting untuk menjaga aplikasi mobile perusahaan anda tetap aman dan terkendali. Beberapa pengaman aplikasi mobile adalah SSL dan akses mobile aplikasi yang hanya akan dipegang oleh perusahaan dan tim vendor https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/
  5. Implementasi : implementasi adalah tahap menentukan desain awal untuk pengajuan ke developer. Lalu di tahap implementasi tim vendor https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/ akan memberikan kepada perusahaan penjelasan tentang penggunaan penulisan konde dengan Bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Pada tim back end menggunakan PHP, Apache, SQL, Node.js, dll.
  6. Testing : adalah tahapan selanjutnya untuk menilai apakah aplikasi yang sudah berjalan terdapat kendala, seperti ada cacat, eror atau bug. Dalam tahapan ini tim vendor https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/ mempunyai tim yang disebut Quality Assurance yang merupakan tim untuk pengujian software.
  7. Deployment : tahapan ini adalah dimana aplikasi mobile perusahaan anda sudah dapat diboba oleh orang dari lingkup internal perusahaan. Lalu tim vendor https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/ kami akan mendapatkan banyak feedback pada saat aplikasi mobile perusahaan sedang berjalan. Pada proses ini perusahaan anda sudah bisa menilai apakah aplikasi yang dibuat sudah sesuai dengan standar dan kebutuhan perusahaan.

Dalam tahap ini tim QA akan melakukan 3 kegiatan rutin sambal berjalannya aplikasi mobile perusahaan, yaitu :

  1. Perbaikan : tahapan ini adalah membersihkan backlog yang ada di aplikasi mobile. Backlog adalah kegiatan pengecekan dan pendataan temuan kerusakan pada aplikasi yang ada. Backlog yang ada di aplikasi harus selalu diperbaharui, dan harus disusun dengan teratur.
  2. Perencanaan : backlog yang sudah di bersihkan di perbaharui akan berada di tahapan perencanaan yang dimana peran perusahaan menambahkan konten dan fitur baru untuk menunjanga perkembangan aplikasi mobile anda.
  3. Pengodean : tim vendor https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/ akan membuat peninjauan ulang terkait kemjuan dan perkembangan aplikasi anda dengan kode yang jelas agar kedepannya aplikasi yang perusahaan anda punya memungkinkan untuk terus melakukan update
  4. Pengujian : tahapan ini memeriksa adanya kesalahan dan eror yang di dapat dalam menjalankan aplikasi agar tidak terjadi masalah di kemudian hari pada saat dipakai oleh konsumen.
  5. Maintanance : pada tahapan ini tim vendor https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/ akan melakukan beberapa pemeliharaan system dan juga melakukan pembaruan fitur.

dalam membuat mobile aplikasi di perlukan banyak perteimbangan seperti yang sudah di jelaskan di artikel sebelumnya. selain itu juga perusahaan juga harus pintar memilih vendor yang bisa di andalkan dan dapat dengan cepat mengatasi segala masalah yang ada di website. faktpr lainnya dalam membuat aplikasi mobile harus bisa menjadi salah satu aplikasi yang paling mudah digunakan oleh konsumen.

selain itu aplikasi mobile yang baik adalah aplikasi yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari generasi ke generasi. lalu setelah itu aplikasi mobile juga harus bisa mendukung pertumbuhan kegiatan perusahaan dan merangkul banyak tujuan perusahaan.

penggunaaan aplikasi dalam perusahaan dapat mengubah citra perusahaaan yang tadinya dipandang biasa – biasa saja oleh konsumen menjadi perusahaan yang lebih modern dan lebih dinamis dan dinilai lebih bisa mengikuti tren pasar. Dengan mempunyai aplikasi yang bisa menunjang kebutuhan konsumen dapat meninkgkatkan kepercayaan konsumen apalagi sekarang konsumen akan terus berganti seiring adanya generasi terbaru.

konsumen umumnya akan berganti setiap 10 tahun di karenakan adanya kelahiran generasi baru. dengan karakteristik, perlakuan dan habit yang berbeda dengan karakter konsumen 10 tahun sebelumnya. oleh karena itu perusahaan harus bisa mengenal karakter konsumen dengan lebih dekat dan dapat membidik lebih dalam dengan yang hal yang paling dekat dengan konsumen salah satunya dengan menggunakan teknologi yang bisa di akses dimana saja.

keunggulan perusahaan mempunyai aplikasi mobile adanya kesinambungan antara perilaku konsumen dengan budaya masing – masing negara. semua orang mempunyai perangkat yang bermacam – macam tetapi situs perusahaan anda hanya satu, lalu website perusahaan anda cuma satu serta pelayanan yang dibutuhkan oleh konsumen cuma ada di perusahaan anda.

oleh karena itu sebuah perusahaan yang mempunyai mobile aplikasi dapat menjadi faktor penunjang yang bagus dan indikator yang bagus untuk membangun relasi ke semua konsumen tidak hanya di negara anda tetapi mencakup seluruh wilayah Asia Tenggarta.

seperti data di bawah ini yang menjelaskan bahwa semua orang di area wilayah Asia Tenggara khusunya merupakan pasar yang sangat strategis dan luas cakupannya. karena semua orang di Asia Tenggara merupakan salah satu wilayah yang mempunyau berbagai macam kemampuan kewirausahaan dan kreativitas diantaranya ada kerjajinan tangan, perhiasan, pakaian hingga kuliner yang tersebar luas sesuai dengan keahlian negaranya masing – masing.

( sumber : www.opensignal.com )

Dikutip dari websirte www.opensignal.com kemampuan aplikasi mobile sudah sangat tidak diragukan untuk memperluas cakupan target perusahaan. karena semua wilayah sudah hampir semuanya mempunyai jaringan internet yang bagus dan membuat jaringan seluler terbuka luas dan menjadi penting untuk semua perusahaan, pengusaha maupun konsumen. walaupun sebagian wilayah ASia tenggara semuanya masih bersifat 4G semuanya akan berganti jaringan yang lebih baik seiring berjalannya waktu. Waktu yang dihabiskan tanpa sinyal atau menggunakan jaringan generasi lama sangatlah tinggi di negara-negara seperti Timor Timur atau Laos, yang memiliki sebagian besar pengguna ponsel pintar seluler — sehingga, kualitas layanan seluler yang di bawah standar dapat mempengaruhi kemampuan untuk terhubung dengan lancar ke Internet di pasar ini bagi banyak pengguna seluler saja.

                sebagian wilayah Asia Tenggara saat ini masih bnayak yang masih memakai jaringan seluler karena adanya keterbatasan jaringan nirkabel di negaranya. Perusahaan yang hendak merangkul pasar Asia Tenggara di harapkan bisa membantu penerapan infrakstruktur untuk mendukung jaringan nirkabel yang kemungkinan tidak ada keuntungan bagi perusahaan. tetapi dari situ perusahaan bisa mendapatkan kredibilitas yang baik di mata masyarakat. sehingga kedepannya masyarakat bisa menjadi percaya kepada perusahaan anda.

                selain adanya cakupan target konsumen, sebagai perusahaan juga harus mengetahui tentang platform distribusi yang baik untuk membuat aplikasi perusahaan anda. platform distribusi yang paling sering digunakan dalam membuat aplikasi mobile adalah berasal dari Apple yang mempunyai platform distribusi yang disebuti Applestore dan satunya lagi berasal dari mesin pencari terbesar yang biasa kita temui pada smartphone android yaitu Google dengan tempat platform distribusi yang disebut Playstore.

                berikut di bawah ini data tahun 2021 yang berisikan tentang perbandingan dari Platform Google dan Apple. dari data ini dapat dijadikan tolak ukur perusahaan dalam menjadi bahan pertimbangan membuat aplikasi mobile. Aplikasi Mobile bisa digunakan sekaligus di dua platform terpisah di Apple maupun di google. tentu saja mempunya script dan bahasa program yang berbeda dari keduanya.

( sumber : sensortower.com )

dikutip dari situs sensortower.com bahwa developer besar seperti App Store yang dimiliki Apple menghasilkan $41,5 miliar dari hasil pembelanjaan konsumen yang diperoleh dari pembelian, langganakan aplikasi dan aplikasi yang mempunyai fasilitas premium agar konsumen tidak mendapatkan iklan – iklan yang mengganggu pada saat menggunakan aplikasi. data ini diperoleh pada tahun 2021, selang setahun setelah COVID-19 berlangsung. lalu selain itu developer lainnya yaitu Google dengan Google Play-nya juga memperoleh keuntungan juga sebesar $23,4 miliar pada periode yang sama.

kenaikan pasar konsumen paling pesat ditemukan dalam platform Apple di tahun 2021, pertumbuhan sebesar 22,1% yang lebih rendah di banding pada tahun 2020 sebesar 29,3%. hal ini dikarenakan pada tahun 2020 adanya kenaikan konsumen di era COVID-19. Pendapatan Google Play pada semester pertama tahun 2021 telah tumbuh sebesar 30 persen dari $18 miliar pada semester pertama tahun 2020, lebih tinggi 4 poin persentase dibandingkan pertumbuhan sebesar 26,8 persen yang dialami tahun lalu jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019. Pertumbuhan pendapatan Y/Y yang sangat besar di pasar Google adalah didorong oleh pasar seperti Filipina, di mana COVID-19 telah mengakibatkan berlanjutnya penutupan bisnis dan karantina.

( sumber : invisionapp.com )

Dikutip dari situs invisionapp.com menunjukkan bahwa pada tahun 2020, pendapatan aplikasi seluler diperkirakan meningkat menjadi $189 miliar, dan industri ini terus berkembang karena evolusi perangkat pintar dan teknologi. Namun, 24% aplikasi hanya digunakan sekali, dan 57% aplikasi dihapus dalam waktu satu bulan.

Dalam infografis oleh Marketing Profs, statistik menunjukkan bahwa:

  1. 71% pengguna mencopot pemasangan aplikasi karena notifikasi yang mengganggu.
  2. 41,3% mencatat iklan yang mengganggu (meningkat menjadi 65,6% pada aplikasi game!).
  3. 29,6% menyebutkan masalah privasi, yang dapat mencakup keikutsertaan yang dipaksakan dan login sosial.
  4. 15,6% menyampaikan kekhawatiran mereka secara lebih spesifik, dengan alasan registrasi yang terlalu rumit.
  5. 26,8% menyalahkan pengalaman pengguna secara keseluruhan yang kurang optimal, terutama pada aplikasi bisnis.
  6. Seperti yang Anda lihat, desain aplikasi seluler berkontribusi besar terhadap tingkat retensi aplikasi.

                dari data tersebut dapat disimpulkan industri mobile aplikasi terus berkembang dari tahun ke tahun. dengan data tersebut membuktikan bahwa sebuah perusahaan harus segera menerapkan teknologi berbasis aplikasi mobile karena bisa menunjang pertumbuhan perusahaan serta memberi hubungan yang lebih baik ke konsumen karena sifatnya yang real-time dan selalu update.

                 saat ini banyak sekali bisnis yang bisa tumbuh engan menggunakan mobile aplikasi yang profesional. mobile aplikasi yang profesional juga di dukung oleh banyak fitur yang memudahkan calon konsumen untuk mencari website tersebut.

dengan menjamurnya bisnis yang memakai website profesional sebagai pusat informasi dan edukasi perusahaan menjadikan bisnis tersebut tetap hidup dan dapat diakses oleh calon konsumen.

berikut beberapa bisnis yang memakai mobile aplikasi, adalah :

  1. Aplikasi Mobile Transportasi

Gojek merupakan aplikasi transportasi yang berkembang di Indonesia. Aplikasi Gojek adalah aplikasi yang berbasis mobile aplikasi yang berisikan tentang layanan pengantaran penumpang menggunakan moda trasnportasi yang berbeda Mobil dan Motor. selain itu di dalam aplikasi Gojek sudah tersedia fitur yang memudahkan penggunanya untuk memakai Gojek, seperti menentukan tarif, menentukan titik penjemputan dan pengantaran yang bisa memudahkan pengemudi untuk mengantar dan menjemput penumpang.

dengan mempunyai aplikasi mobile yang dapat di akses di mana saja dan mudah tentunya menjamin kostumer pengguna aplikasi Gojek bisa secara langsung melakukan order driver.

                dengan melihat traffic atau hasil download yang dikutip dari situs tersebut, gojek mempunyai banyak pengguna dengan menggunakan platform Android yang tersedia di Playstore dan Apple di Appstore.

  1. Aplikasi Mobile Aplikasi Belanja Online

                Tokopedia merupakan aplikasi yang berguna untuk aktivitas pembelanjaan online. aplikasi Tokopedia juga merupakan aplikasi yang menggunakan mobile aplikasi untuk berbelanja online. Berbelanja online di Tokopedia bisa memudahkan konsumen untuk mencari berbagai macam kebutuhan konsumen mulai dari alat rumah tangga, elektronik, fashion dan lainnya.

                Tokopedia juga banyak memberlakukan diskon yang massive untuk kostumer. biasanya Tokopedia memberlakukan diskon yang besar – besaran pada saat tanggal kembar seperti 12-12. 12-12 disini berarti Tanggal 12 dan berada di bulan Desember.

                tokopedia juga banyak menyediakan jasa pengantaran yang menjamin barang pesanan konsumen sampai dengan aman di tangan konsumen. Beberapa layanan yang di sediakan layanan Tokopedia adalah COD (Cash On Delivery), Instan yaitu pengantaran dengan menggunakan Moda transportasi Motor seperti Gojek, lalu dengan menggunakan Jasa Kirim seperti JNT, JNE, Sicepat, Lion parcel, Paxel.

                Tokopedia mempunyai traffic dan pengguna yang cukup baik, masih sama dengan mneggunakan platform Android yang tersedia di Playstore dan Apple di Appstore.

  1. Aplikasi Mobile Aplikasi Lowongan Kerja

                linkedin adalah situs untuk terhubung dengan orang lain dalam hal untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian konsumen. Linkedin adalah wadah untuk pencari kerja untuk menemukan kesempatan mencari kerja dengan singkat, lalu adanya membangun koneksi profesional. dselain itu juga untuk mengembangkan dan memajukan karir profesional individu.

                di dalam linkedin juga bisa mencantumkan pengalaman – pengalaman profesional individu untuk membangun koneksi, menemukan teman profesionalitas baru serta mencari perusahaan yang bonafit. selain itu tersedia juga layanan untuk mahasiswa mencari magang.

                Linkedin juga menyediakan platform distribusi yang berbeda di Playstore dan Appstore untuk menunjang aktivitas pengguna tergantung perangkat di pakai pengguna.

                whatsapp adalah aplikasi mobile yang dipakai di seluruh dunia untuk berkirim pesan, gambar dan video. Aplikasi Mobile Whatsapp juga dapat melakukan panggilan video maupun suara secara bersamaan.

                selain itu whatspp juga mempunyai fiitur spesial yang bisa di akses melalui smartphone dan melalui perangkat komputer. di dalam whatsapp pengguna juga dapat membuat grup yang terdiri lebih dari 100 orang dalam grup tersebut.

                selain itu fitur yang tersedia juga bisa menympan dan memberikan komentar dengan menggunakan stiker di dalam aplikasi yang tersedia.

sama dengan aplikasi mobile yang lain, whatsapp juga dapat di unduh dengan menggunakan developer dari Apple di Appstore dan Google di Playstore.

dilihat dari penggunannya whatsapp mempunyai banyak sekali pengguna dan data tersebut terus naik seiring dengan banyaknya penguna smartphone untuk mengunduh aplikasi whatsapp.

                whatsapp juga menyediakan aplikasi tambahan yang dinamakan whatsapp business yang berguna untuk menunjang profesionalitas sebuah perusahaan. biasanya perusahaan yang menggunakan whatsapp business bisa menunjang hubungan dengan baik dengan konsumennya.

                whatsapp business memudahkan kostumer untuk melihat layanan dan jasa yang ditawarkan pada perusahaan. konsepnya sama seperti aplikasi belanja online tetapi ini sifatnya lebih real-time dan tidak jarang pesan yang di kirimkan di chat whatsapp business lebih cepat untuk di balas oleh admin perusahaan.

                whatsapp business juga sama menyediakan platform di Appstore dan juga Playstore untuk menunjang kenyamanan dan keterjangkauan pengguna.

duolingo merupakan aplikasi yang mampu mengajari pengguna untuk belajar berbagai macam bahasa, salah satunya bahasa inggris. Duolingo juga banyak dipakai di seluruh dunia sebagai portal pembelajaran bahasa yang paling mudah untuk di pakai dan akses.

duolingo memiliki banyak fitur untuk mengukur kemampuan pengguna berbahasa asing, seperti menyediakan tes tulis, berbicara dan juga mendengar.

Duolingo mempunyai traffic dan pengguna yang cukup baik, masih sama dengan mneggunakan platform Android yang tersedia di Playstore dan Apple di Appstore.

dengan memahami pentingnya mempunyai mobile aplikasi dalam sebuah perusahaan dalam rangka untuk mengoptimisasi kinerja perusahaan dan pmebentukan citra perusahaan yang akan berpengaruh besar pada kemudahakan mengakses informasi tentang perusahaan. hal ini dikarenakan adanya SEO yang membantu konsumen untuk menemukan keyword (kata kunci) yang cocok untuk mengkases website perusahaan.

optimisasi mobile aplikasi dapat menunjang kepercayaan konsumen dan kebutuhan konsumen yang terus berubah. Dengan demikian mobile aplikasi  yang dimiliki sebuah perusahaan akan berpengaruh pada pencarian konsumen. agar memudahkan konsumen untuk menemukan mobile aplikasi dari perusahaan kita. dalam setiap maintanace diharapkan banyak untuk menambahkan fitur dan kolom kritik dan saran untuk memperbaiki kinerja mobile aplikasi ke depannya.

dalam merawat aplikasi mobile juga dapat mencegah kemungkinan buruk yang terjadi. misalnya adanya bugs dan cacat yang masuk ke dalam website yang bisa menyerang dan masuk untuk mengambil semua data personal konsumen. hal ini biasa terjadi dalam sebuah mobile aplikasi. selain itu adanya hambatan dalam sebuah website dengan sulit untuk di akses dan adanya kode eror yang membuat website tidak bisa di akses.

Beberapa contoh aplikasi mobile ini bisa Anda jadikan referensi dalam membangun bisnis yang profesional dan mempunyai nilai informatif. Butuh aplikasi mobile untuk bisnis Anda? Percayakan pada jasa pembuatan aplikasi mobile untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Hubungi kami sekarang! https://gtcorp.id/aplikasiin-aja/

featured images by (Photo by William Hook on Unsplash)

Open chat
Hello 👋
Can we help you?